Cari Di Blog ini

Kamis, 14 Mei 2015

5 Cara Mengatasi Batuk Kering Pada Anak Tanpa ke Dokter

Batuk kering sering kali menyiksa anak dan membuatnya menjadi lebih rewel. Jenis batuk ini umumnya memburuk ketika cuaca panas, saat anak berada di ruangan yang hangat atau panas, atau saat anak sudah tidur. Untuk mengatasi batuk kering, Anda dapat melakukan cara-cara praktis yang bisa dilakukan di rumah tanpa harus berobat ke dokter. Berikut penjelasannya:
1. Minum air putih
Minum air putih yang cukup dapat melegakan tenggorokan yang perih dan kering akibat batuk terus-menerus.
2. Makan sup
David Becker, MD, profesor dari Universitas California, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, mengatakan bahwa kombinasi sup ayam dengan bawang putih dapat menghalau virus. Anak pun akan merasa lebih sehat dan segar setelah menyantapnya.

Cara Lainnya Mengatasi Batuk Kering

3. Uap dengan air hangat
Cobalah ke kamar mandi dan hidupkan shower air hangat untuk menghasilkan uap air. Tutup pintu kamar mandi dan biarkan anak menghirup uap air selama beberapa menit.
4. Berikan sesendok madu
Madu hampir sama efektifnya dengan dextromethorphan, kandungan yang biasa terdapat dalam sejumlah obat batuk. Namun, anak usia di bawah 1 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu karena usus mereka belum berkembang dengan sempurna.
5. Obat batuk
Anda dapat memberikan obat batuk yang mengandung dextromethorphan, yang berperan sebagai antitusif. Antitusif merupakan obat yang bekerja pada susunan saraf pusat sehingga mampu menekan pusat batuk dan menaikkan ambang rangsang batuk. 

Tidak ada komentar: