Cari Di Blog ini

Senin, 25 Mei 2015

Benarkah Jeruk Nipis Dapat Menyembuhkan Jerawat?

Tahukah Anda, belakangan ini marak dibicarakan bagaimana jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat? Jeruk nipis disebut-sebut memiliki kandungan yang dapat membantu masalah jerawat. Yakni antibiotik alami.
Benarkah Demikian?
Sayangnya tidak mudah demikian. Untuk memahaminya, ada baiknya kita mengenal dahulu masalah jerawat lebih jauh.
Jerawat
Bagi sebagian orang, jerawat adalah masalah pada kulit wajah yang paling merepotkan. Perubahan yang tidak menyenangkan kerap menyertainya, yakni berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit.
Jika jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka bewarna hitam yang sulit dihilangkan. Memberantasnya pun bukan termasuk perkara mudah.
jerawatPenyebab pasti timbulnya jerawat belum diketahui, tetapi berbagai faktor diduga berperan sebagai penyebab timbulnya jerawat, antara lain dijelaskan di halaman berikut ini: 

1. Faktor genetik (keturunan)
60% penderita jerawat terdapat riwayat jerawat pada orang tuanya.
2. Faktor ras
Orang kulit putih lebih banyak menderita jerawat daripada kulit berwarna.
3. Faktor hormonal
Hormon androgen memegang peranan penting pada timbulnya jerawat. Jerawat akan timbul pada saat premenstruasi.
4. Faktor infeksi mikroba
Terutama bakteri Propionibacterium acne.
5. Faktor makanan
Makanan tinggi karbohidrat dan banyak mengandung lemak, dapat memperberat gejala klinis dan mempermudah kambuhnya jerawat. Lemak dalam makanan dapat mempertinggi kadar komposisi sebum.
6. Faktor kosmetik
Penggunaan kosmetik yang mengandung lemak dan minyak seperti pelembab, krim pelindung, krim bedak dasar, dan lain-lain akan merangsang timbulnya jerawat.
7. Faktor lingkungan
Misalnya pada cuaca panas di daerah tropis, aktivitas kelenjar sebasea bertambah, sehingga kemungkinan untuk timbul jerawat lebih besar. Pada keadaan lembap dan suhu tinggi di beberapa daerah tropis dapat memudahkan kambuhnya jerawat.
8. Faktor psikis
Pada banyak kasus timbulnya jerawat diduga ada hubungannya dengan stres.
Banyak sekali bahan alami yang dianggap dapat mengatasi jerawat, salah satunya adalah air jeruk nipis. Apakah itu benar? Halaman berikut penjelasannya:

Jeruk nipis diketahui memiliki efek antibiotik alami, namun bukan tidak mungkin tindakan mengoleskan jeruk nipis ke wajah dapat memperparah kondisi yang ada.
Pengobatan jerawat perlu memperhatikan faktor-faktor penyebab di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor tersebut tidak dapat dikontrol dengan baik. Karena itu, pengobatannya tidak hanya membutuhkan kesabaran, tetapi juga memerlukan pengendalian dari pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengelolaan tingkat stres, dan sebagainya.
Pengobatan jerawat didasarkan dengan cara mengurangi produksi minyak, melawan infeksi bakteri, mempercepat pergantian sel kulit dan mengurangi peradangan. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Untuk itu, usahakan untuk tidak berganti-ganti dokter. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi.
Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan dan  kebersihan wajah. Cucilah wajah dengan sabun khusus untuk wajah berjerawat atau dengan sabun bayi setidaknya 2 kali sehari, terutama setelah beraktivitas atau berkeringat.




1 komentar:

Homework writing help mengatakan...

Hello there, the holiday season is around the corner, I can't wait to take a break. We understand sometimes students have limited time required to complete assignments. No need to worry, we at researchwritinghelp offer homework assignments writing service at a fair price. We write and edit essays within the shortest time and submit results. Our online writers are here to help 24/7,