Cari Di Blog ini

Sabtu, 16 Mei 2015

6 Manfaat Air Kelapa yang Belum Anda Ketahui

6 Manfaat Sehat Air Kelapa
 
  1. Sebagai menu diet
    Kandungan lemak dan kalori dalam air kelapa tergolong rendah, sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kenaikan berat badan ketika mengkonsumsinya. Selain itu, air kelapa dapat menjadi sumber energi cepat karena kandungan karbohidrat sederhana yang dapat dicerna tubuh dengan segera.
  2. Mengatasi keluhan pencernaan
    Jika Anda memiliki keluhan pencernaan seperti mual dan muntah atau diare, minumlah air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi gejala karena tidak menyebabkan mual, kembung dan nyaman dikonsumsi. Air kelapa juga akan membantu mengembalikan cairan tubuh dan elektrolit yang hilang karena masalah pencernaan yang dialami.
  3. Mencegah dehidrasi
    Kandungan yang ada di dalam air kelapa lebih efektif mencegah dehidrasi daripada minuman isotonik dan minuman energi. Saat beraktivitas berat, misalnya berolahraga, Anda akan kehilangan cairan yang kaya elektrolit dari tubuh. Air kelapa bermanfaat menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang itu karena mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 ml-nya. Sementara minuman isotonik dan minuman energi hanya mengandung setengah dari kandungan kalium dan 5 kali jumlah pemanis buatan dibandingkan dengan air kelapa.
  4. Membantu mengendalikan tekanan darah tinggi
    Pada sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal, hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan konsumsi air kelapa secara rutin menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. Hal ini memberikan harapan bahwa air kelapa dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.
  5. Kaya nutrisi
    Dibandingkan dengan minuman ringan lain di pasaran, air kelapa mengandung 5 jenis elektrolit yang esensial bagi tubuh manusia, yaitu kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium. Karena kaya dengan nutrisi, air kelapa bisa dinikmati apapun kondisi medis Anda.
  6. Menghilangkan rasa mabuk akibat alkohol
    Rasa pusing akibat mabuk karena berlebihan minum alkohol bisa diredakan dengan meminum air kelapa. Air kelapa lebih tidak menyebabkan rasa mual atau kembung ketimbang air putih biasa atau jenis minuman lainnya sehingga dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman karena mabuk alkohol. Air kelapa juga akan menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh setelah muntah atau buang air kecil.

Tidak ada komentar: