Cari Di Blog ini

Sabtu, 16 Mei 2015

8 Penyebab Kerusakan Gusi

Penyakit gusi disebabkan oleh sejumlah faktor. Kebersihan mulut yang tidak terjaga adalah penyebab yang paling umum, seperti tidak menyikat gigi dengan benar atau secara tidak teratur sehingga plak menumpuk di gigi. 
Berikut ini adalah 8 penyebab kerusakan pada gusi yang lainnya:
1. Peningkatan Usia
Sejumlah studi menemukan bahwa penyakit gusi lebih banyak dijumpai pada orang yang sudah tua. Hal ini terjadi karena pada usia lanjut, kepadatan tulang berkurang, dan adanya penurunan kemampuan penyembuhan yang disebabkan oleh melambatnya proses metabolisme secara fisiologis.
2. Merokok
Kebiasaan ini dapat mengurangi pasokan oksigen ke jaringan gusi sehingga memicu peradangan.
3. Karang gigi
Menumpuknya karang pada gigi yang berasal dari pengerasan sisa makanan yang tidak dibersihkan akan membuat gusi meradang dan menjadi tempat melekatnya plak dan bakteri.
4. Pemakaian gigi palsu
Pada pasien yang menggunakan gigi palsu, terutama jika ia tidak memperhatikan kebersihan rongga mulut, dapat meningkatkan risiko peradangan gusi. 
5. Stres
Stres menyebabkan tubuh melepaskan hormon inflamasi yang dapat memicu atau memperburuk penyakit gusi.
6. Diabetes
Penyakit sistemik yang mengganggu sistem peradangan tubuh dapat memperburuk kondisi gusi.Sebut saja penyakit jantung dan diabetes.
7. Obat-obatan
Gusi bengkak juga bisa merupakan reaksi dari obat-obatan tertentu, seperti obat kontrasepsi oral, antidepresan, dan beberapa obat jantung.
8. Diet
Diet atau konsumsi makanan yang rendah nutrisi akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga Anda akan sulit untuk melawan infeksi. Karena penyakit gusi berawal sebagai infeksi, nutrisi yang buruk akan semakin memperburuk kondisi gusi.

Oleh karena itu, Jagalah kesehatan gusi Anda karena gusi adalah rumah bagi gigi. Gusi yang sehat mencerminkan gigi yang kuat. Jaga kesehatan gusi salah satunya dengan menggunakan pasta gigi Pepsodent Expert Protection yang mengandung Microgranules sehingga mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi, serta Zinc Citrate dan Vitamin E untuk membantu mencegah peradangan gusi dan melindungi gusi hingga 24 jam.

Tidak ada komentar: